Tuesday 24 July 2018

KOTA PEKALONGAN




Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saya akan membahas tentang kota dimana saya tinggal yaitu Pekalongan. Kota Pekalogan terletak di Pulau Jawa tepatnya Jawa Tengah. Pekalongan berasal dari kata kalong yang berarti kelelawar. Konon katanya,yang juga kata guru bahasa Jawa saya dahulu kala terdapat seorang Bupati Kendal bernama Raden Bahu diberi perintah untuk membangun sebuah daerah disebelah barat kota Kendal dan beliau melakukan Tapa Ngalong yaitu bertapa seperti kelelawar. Pekalongan memiliki dua pemerintahan yaitu Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Kota ini terletak di jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya.


Ciri khas dari kota Pekalongan ini adalah Batik maka dari itu Kota ini dikenal sebagai kota Batik karena mayoritas penduduknya bekerja membuat batik dan pusat produksinya terletak di daerah Buaran dan Wiradesa. Kota Pekalongan telah menjadi salah satu kota yang direkomendasikan untuk membeli produk-produk batik,baik secara Nasional maupun Internasional hal ini diperkuat dengan telah diresmikannya Museum Batik Nasional oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 Juli 2006. Di Kota Pekalongan ,masyarakatnya terdiri dari berbagai etnis dengan mayoritasnya etnis Jawa, dan terdapat etnis Arab dan Cina. 
Pekalongan juga mempunyai makanan yang khas diantaranya adalah :
1.     Nasi Megono
Nasi Megono merupakan sarapan wajib bagi orang Pekalongan,biasanya Sego Megono ditemani oleh tempe goreng tepung dan teh manis hangat. Megono adalah nangka muda yang diiris kecil-kecil,biasanya Nasi Megono dapat ditemukan di warung lesehan pinggir jalan.
2.     Soto Tauto
soto Tauto merupakan soto dengan bumbu tauco,biasanya soto tauto ini menggunakan irisan daging sapi,kerbau atau ayam. Makanan ini bisa ditemui di banyak tempat, salah satunya, di daerah Noyontaan.




3.     Pindang Tetel
   Terbuat dari daging sapi yang diiris atau ditetel menjadi kecil. Warna coklat yang kehitaman karena diberi bumbu kluwak yang membuat rasa pindang tetel ini gurih dan nikmat. Biasanya ditemani dengan kerupuk usek  dan lontong. Banyak dijual di warung-warung makan.

No comments:

Post a Comment

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

    Teknologi lahir karena adanya kebutuhan manusia sejak zaman purba yaitu bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah dan ...